Gambaran Kecanggihan Ponsel di Masa Depan

Ponsel terus mengalami perkembangan teknologi, baik itu dari sisi inovasi terbaru sampai bentuk desainnya. Saat ini, sudah ada ponsel yang berbentuk melengkung dan bukan tidak mungkin di masa depan ponsel akan bisa dilipat.

Seperti apa wajah ponsel dalam waktu 50 tahun mendatang? Berikut beberapa wujud ponsel yang kira-kira akan muncul, dilansir Gizmopod, Minggu 19 Januari 2014:

1. Ponsel akan diimplan ke bagian tubuhhttp://asalasah.blogspot.com/2014/01/gambaran-kecanggihan-ponsel-di-masa-depan.html

Pada tahun 2064, ada berbagai operasi untuk memasukkan perangkat ponsel ke bagian tubuh manusia. Beberapa contohnya adalah ponsel yang ditanamkan di tulang belakang kepala Anda, sehingga mampu menelepon tanpa harus memegang ponsel.

Lalu, kamera akan ditanamkan di bola mata Anda. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dan video hanya dengan mengedipkan kelopak mata.

Kemudian, alat RFID (Radio Frequency Identification) pengirim dan penerima data akan ditanamkan di ujung jari Anda. Ini memungkinkan untuk menggunakan kartu kredit hanya dengan menempelkan jari atau menerima kontak dari seorang rekan bisnis hanya dengan berjabat tangan.


2. Augmented Reality sampai ke indera manusia



Konsep ponsel yang memiliki fitur augmented reality (AR) mirip dengan Google Glass. Tapi, perangkat ponsel ini akan ditanamkan di bola mata penggunanya. Sehingga seseorang bisa mendapat informasi dari melihat sebuah benda.

Teknologi ponsel berfitur AR ini juga dapat digunakan sebagai GPS ketika sedang mengendarai mobil. Hanya dengan melihat jalan, Anda akan mendapat informasi tentang keberadaan Anda, berapa kecepatan mobil, berapa batas kecepatan mobil di jalan tersebut, dan lainnya.

3. Ponsel akan memuat aplikasi pengontrol otak



Di tahun 2014, kita telah mengetahui adanya chip yang ditanam untuk mengontrol gerakan sebuah robot. Tapi, pada tahun 2064, Anda akan memiliki sebuah neurotransmitter yang melekat pada kepala dan berfungsi untuk menerima dan mengirim sinyal ke otak.

Saat ini, beberapa produsen ponsel dan software sedang berencana menciptakan alat berbentuk aplikasi yang mampu mengontrol otak. Bayangkan, dengan aplikasi ini Anda bisa mengubah stasiun radio hanya dengan berpikir.

Teknologi ini memang agak menakutkan. Tapi, beberapa ilmuwan sedang mengembangkan cara untuk menjadikan otak sebagai hard drive. Tindakan itu memungkinkan Anda berbagi kenangan masa lalu layaknya file komputer dan mengunduh informasi dari Internet dan memasukkan ke otak Anda.

4. Menggunakan baterai tenaga manusia



Di masa depan teknologi, kabel untuk menambah daya ke baterai ponsel telah menjadi suatu yang usang atau kuno. Selama ini, ponsel memang menggunakan kekuatan listrik, tapi di masa depan energi listrik akan menjadi suatu yang langka.

Oleh karena itu, sekarang para peneliti sedang mengembangkan cara untuk menangkap energi yang dipancarkan oleh tubuh manusia dan digunakan untuk menambah daya pada ponsel.
Ponsel terus mengalami perkembangan teknologi, baik itu dari sisi inovasi terbaru sampai bentuk desainnya. Saat ini, sudah ada ponsel yang berbentuk melengkung dan bukan tidak mungkin di masa depan ponsel akan bisa dilipat.

Seperti apa wajah ponsel dalam waktu 50 tahun mendatang? Berikut beberapa wujud ponsel yang kira-kira akan muncul, dilansir Gizmopod, Minggu 19 Januari 2014: (lanjutan bagian 1)

5. Ponsel akan menampilkan konten berbentuk hologram



Di masa depan, ponsel akan memiliki kemampuan untuk menampilkan data dan bentuk media digital hologram. Fitur hologram ini akan memudahkan pengguna ketika menunjukkan data-data yang disimpan di ponsel.

Bisa dibayangkan, di masa depan Anda akan melihat sebuah gambar dan video dalam bentuk hologram.

6. Ponsel mampu mengirimkan SMS via pikiran



Saat ini, untuk mengirimkan SMS, Anda harus mengetik terlebih dahulu di keyboard ponsel. Tapi, di tahun 2064, Anda dapat mengirim sebuah SMS hanya dengan memikirkan apa yang ingin ditulis tanpa harus menyentuh keyboard ponsel.

Mungkin? Ya, kenapa tidak mungkin. Tentu saja, fitur terbaru ini akan membuat para pengguna ponsel menjadi lebih mudah dalam berkirim pesan teks.

7. Ponsel akan memunculkan iklan di mana-mana



Ponsel yang sudah menggunakan fitur augmented reality (AR) tentu akan membuat pengguna mendapat informasi yang tak terbatas. Salah satu dari informasi itu adalah iklan yang bertebaran di mana saja.

Para pengguna ponsel berfitur AR akan mendapatkan iklan di berbagai tempat. Misalnya, ketika Anda berkendara di depan pertokoan, berbagai iklan akan diinformasikan kepada Anda. Semua iklan tersebut akan diinformasikan melalui suara dan data-data.

8. Virus dan hacker semakin sulit mencuri data ponsel



Di tahun 2064, ponsel yang sudah diimplan ke dalam kepala manusia akan semakin sulit disusupi oleh virus dan peretas. Untuk bisa mencuri data ponsel, para peretas harus bisa masuk ke dalam pikiran pengguna ponsel. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya?

9. Ponsel terkoneksi dengan beragam perangkat lain


Di masa depan, ponsel akan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan perangkat lain di dalam rumah. Mulai dari TV, kulkas, mobil, mesin cuci, kalender, dan lainnya.

Di tahun 2064, Anda tak perlu khawatir mesin cuci tiba-tiba rusak. Ponsel Anda sudah mendapatkan informasi bahwa ada beberapa komponen pada mesin cuci yang perlu diganti.

10. 100 persen bisa didaur ulang


Di masa depan, permintaan terhadap produk ponsel akan meningkat tajam. Untuk itu, kembangkan sebuah sistem untuk mendaur ulang dari setiap komponen ponsel yang sudah rusak.

Para pembuat ponsel di masa depan akan menciptakan ponsel-ponselnya dari barang-barang daur ulang. hal itu disebabkan oleh semakin sedikitnya sumber daya alam untuk produksi komponen ponsel, seperti logam.

Phonebloks sudah memulai tren ini sebagai ponsel masa depan pertama yang ramah lingkungan.






PESAN : Semoga teknologi di masa depan tidak membuat manusia menjadi tidak beriman dan malas




Sumber : Asalasah.blogspot.com

2 comments:

  1. Wkwkwkwk bisa ky gitu di masa depan moga2 teknologi di masa depan bisa lebih membantu manusia tanpa merusak alam

    ReplyDelete

Bingung bagaimana cara memberi komentar?? buka link ini : CARA MENGIRIM KOMENTAR DI BLOG UNTUK PEMULA

Sedikit kata-kata dari anda sangat berpengaruh bagi blog ini :)