,

Kenapa Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan

 http://yeaind.files.wordpress.com/2013/08/indomaret-alfamart2.jpg
Kemunculan minimarket dalam beberapa tahun terakhir semakin pesat di tengah kehidupan masyarakat yang semakin modern. Lewat sistem waralaba, perusahaan ritel semakin mudah membuka toko tanpa harus mengeluarkan biaya cukup besar.

Tren minimarket yang kini sudah menyusup kawasan pedesaan seringkali dilakukan tanpa mempertimbangan banyak faktor. Tak heran bila kini masyarakat sudah terbiasa melihat keberadaan dua minimarket dari perusahaan yang berbeda di satu lokasi. .

Di wilayah Jakarta dan mungkin beberapa kota di Indonesia, masyarakat seringkali melihat keberadaan minimarket Indomaret milik PT Indomarco Prismatama yang harus berhadapan langsung dengan minimarket Alfamart yang lisensinya dipegang oleh PT Sumber Alfaria Trijata Tbk.

Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf menuding Alfamart sebagai perusahaan yang meniru strategi bisnisnya. Bahkan diakuinya, sejumlah karyawan Indomaret pun banyak yang hengkang ke pesaingnya tersebut.

"Kita sudah mulai berdiri dari tahun 1985, berjalannya waktu mulai 2000-an (gerai) mereka belajar dari kita, sebagian (karyawan) kita masuk ke mereka. Mereka targetnya sama, kita sudah survei tempat, katakanlah mereka curi start kita," kata Wiwiek di Jakarta, yang ditulis Sabtu (25/1/2014).

Wiwiek menambahkan dekatnya jarak antar minimarket memanng mengusik dirinya. Namun bagi Indomaret, hal itu justru menjadi tantangan bagi minimarketnya untuk lebih memberikan kualitas dan pelayanan yang lebih baik.

"Kalau dibilang ganggu pasti, positifnya kita berlomba-lomba sama-sama memberikan pelayanan pada konsumen," tegasnya.

Untuk memenangkan persiangan, Indomaret mengaku memasang strategi yang jauh lebih menarik konsumen daripada pesaingnya tersebut. Salah satunya adalah gencar berpromosi dan memberikan sejumlah program promo dalam setiap pembelian produk.

"Mulai dari promosi dan memberikan fasiliatas lebih dari produk dan kemasan. Kita sebisa mungkin buat konsumen puas, meski pasti ada yang tidak puas, bagaimana caranya agar mereka lebih puas lagi datang belanja ke tempat kita," pungkasnya.

Tidak hanya itu, kedepan Indomaret menurut Wiwiek juga akan menjadi pelopor tempat perbelanjaan keluarga modern yang melayani berbagai fasilitas payment poin, mulai yang saat ini sudah diterapkan dari pembayaran listrik, pembelian pulsa elektronik, hingga pembelian tiket peswat dan kereta api.(Yas/Shd)



Sumber : Asalasah.blogspot.com

0 Komentar:

Post a Comment

Bingung bagaimana cara memberi komentar?? buka link ini : CARA MENGIRIM KOMENTAR DI BLOG UNTUK PEMULA

Sedikit kata-kata dari anda sangat berpengaruh bagi blog ini :)