Inilah Rupa 7 Orang yang Melakukan Operasi Plastik Pertama di Dunia

Operasi atau bedah plastik kini lebih banyak dikenal sebagai cara untuk mempercantik wajah dan memperindah tubuh, seperti yang banyak dilakukan oleh artis-artis dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana wajah-wajah pasien bedah plastik paling pertama di dunia?

Banyak orang yang salah tanggap dan salah kaprah. Bedah plastik bukan hanya bedah kosmetik atau estetika, tetapi lebih banyak bedah rekonstruksi seperti bedah pada luka bakar, kecelakaan dan trauma.
Pada awalnya, bedah plastik yang dilakukan pertama di dunia juga merupakan bedah rekonstruksi. Pasien-pasien bedah plastik pertama di dunia memiliki kondisi wajah atau tubuh yang mengerikan, dan bedah plastik membuatnya tampak lebih baik.

Walter Yeo (Pasien operasi plastik pertama di dunia)

Walter Yeo, seorang pelaut asal Inggris selama Perang Dunia I, sering disebut-sebut sebagai orang pertama yang melakukan operasi plastik.
Walter mengalami luka wajah yang mengerikan, termasuk hilangnya bagian atas dan bawah kelopak mata.

Kondisi ini terjadi saat ia menjadi awak kapal senjata HMS Warspite tahun 1916 selama Pertempuran Jutland.

Pada tahun 1917 ia dirawat oleh Sir Harold Gillies, orang pertama yang menggunakan cangkok kulit dari daerah yang tidak rusak pada tubuh, yang juga dikenal sebagai 'bapak operasi plastik.'
Walter Yeo adalah salah satu pasien pertama yang mendapatkan keuntungan dari teknik baru, sebuah bentuk pencangkokan kulit yang disebut 'tubed pedical.' Walter diberi kelopak mata baru dengan 'topeng' kulit yang dicangkokkan di wajah dan matanya.

 

William M. Spreckley (Operasi hidung pertama yang pernah dicatat)

Catatan menyebutkan operasi plastik hidung pertama dilakukan oleh Dr Harold Gillies pada Perang Dunia I kepada William M. Spreckley, Letnan dari Sherwood Foresters Service dalam kontingen Inggris, batalyon 16.

Dia adalah pasien Gillies ke-132 dan dirawat di rumah sakit pada Januari 1917 di usia 33 tahun dengan kasus 'hidung luka tembak.' Setelah melakukan operasi plastik, hidungnya tampak lebih normal.

 

Willie Vicarage (Orang pertama yang menerima teknik rekonstruksi wajah)

Willie Vicarage, menderita luka wajah yang mengerikan dalam Pertempuran Jutland pada tahun 1916, adalah salah satu orang pertama yang menerima rekonstruksi wajah menggunakan operasi plastik.
Pada saat itu, antibiotik belum ditemukan. Artinya, sangat sulit untuk mencangkokkan jaringan dari bagian tubuh yang sehat. Tanpa antibiotik, kemungkinan infeksi akan sangat besar.

Dr. Gilies yang cerdas melakukan operasi plastik dengan teknik Tubed Pedicule. Ia menggunakan lipatan kulit dari dada atau dahi dan 'mengayunkan' ke wajah Willie. Kulit yang diayun ini dipasangi tabung supaya suplai darah tetap mengalir lancar dan mengurangi tingkat infeksi.

 

Isabelle Dinoire (Orang pertama yang cangkok wajah partial)

Transplantasi atau cangkok wajah adalah prosedur medis untuk mengganti semua atau sebagian dari wajah seseorang. Transplantasi wajah parsial pertama di dunia pada manusia yang hidup dilakukan pada 27 November 2005 oleh Bernard Devauchelle, ahli bedah mulut dan rahang atas, dan Jean-Michel Dubernard di Amiens, Prancis.

Isabelle Denoire memutuskan menjalani operasi pergantian wajah setelah dirinya diserang membabi buta oleh anjing hitam jenis Labrador Retriever. Isabelle mendapatkan jaringan wajah seperti hidung dan mulut dari seorang wanita yang meninggal karena kanker otak. 18 bulan pasca operasi, Isabelle begitu senang mendapatkan wajah barunya

 

Timmie Jean Lindsey (Wanita pertama yang implan payudara)

Pada tahun 1962, seorang ibu rumah tangga muda asal Texas bernama Timmie Jean Lindsey dibujuk untuk menjadi 'kelinci percobaan' untuk operasi baru. Sebagai wanita pertama yang menerima implan silikon payudara, Timmie sukses menjalani implan itu dan membuka kesempatan pada jutaan wanita lainnya di dunia sampai saat ini.

 

Michael Dillon (Orang pertama yang menjalani operasi penis untuk perubahan transgender)

Phalloplasty adalah prosedur medis untuk rekonstruksi alat kelamin pria dengan cangkok alat kelamin palsu.

Phalloplasty pertama kali diterapkan untuk operasi ganti kelamin, hal ini dilakukan pada transgender Michael Dillon pada tahun 1946. Meski terlahir sebagai wanita, Dillon mengaku lebih nyaman dalam kostum pria dan akhirnya dia mengonsumsi testosteron untuk menghentikan siklus menstruasi

Setelah itu, Dillon menghubungi Dr Harold Gillies untuk melakukan operasi phalloplasty. Sebelumnya, Dr. Gillies pernah merekonstruksi penis untuk tentara yang terluka. Gillies melakukan minimal 13 operasi pada Dillon antara tahun 1946 dan 1949.

 

Mademoiselle Geoffre (Operasi plastik kaki pertama)

Pada tanggal 17 Februari 1926, seorang dokter bernama Charles Dujairer melakukan bedah plastik pada seorang model. Model ini bernama Mademoiselle Geoffre. Model muda ini melakukan operasi plastik untuk 'memperbaiki' kakinya agar terlihat lebih jenjang.

Sayang, operasi plastik pertama kali ini berubah menjadi bencana. Jahitan si dokter terlalu tegang, sehingga mengharuskan si model melakukan amputasi. Karena kejadian ini, sang dokter didenda ratusan juta rupiah.
Namun, dua tahun kemudian, operasi plastik yang dilakukan Charles disahkan kembali. Ia tak lagi melakukan malpraktek.




Sumber : keepo.me

0 Komentar:

Posting Komentar

Bingung bagaimana cara memberi komentar?? buka link ini : CARA MENGIRIM KOMENTAR DI BLOG UNTUK PEMULA

Sedikit kata-kata dari anda sangat berpengaruh bagi blog ini :)