, ,

Teknologi Otot Robot, Angkat Beban 50 Kali Lebih Berat

  http://samaita.files.wordpress.com/2011/01/airics_arm2.jpg?w=640&h=405
Teknologi robot yang memiliki kekuatan luar biasa seperti di film Terminator atau Robocop kini telah ditemukan oleh ilmuwan. Namun bukan berupa robot humanoid, melainkan hanya otot inti dari kekuatan super sebuah mesin yang memiliki kekuatan super, dinamakan Robo-muscle.

Robo-muscle ini tak ubahnya otot dari robot Terminator atau Robocop di film-film. Dibuat dari material unik bernama vandium dioxide, robo-muscle ini hanya berukuran mikro alias memiliki ukuran yang sangat kecil dan harus menggunakan mikroskop untuk melihatnya. Persis seperti otot dari robot.

Tim peneliti dari Lawrence Berkeley National Laboratory berhasil menciptakan teknologi robo-muscle ini yang dapat melempar benda 50 kali lebih berat dari tubuhnya. "Kami menciptakan micro-bimorph duo gulungan yang memiliki fungsi sebagai sumber tenaga yang sangat kuat," kata Junqiao Wu selaku kepala peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (23/12/2013).

Peneliti mengatakan, keunikan yang dimiliki oleh material Vanadium dioxide ini adalah kemampuan bertransformasinya yang mengagumkan apabila terkena panas.

"Yang membuat vanadium dioxide unik adalah insulator di temperatur rendah, tapi menjadi konduktor ketika ia mengalami pemanasan pada suhu 67 derajat celcius, ini seperti perubahan plastik menjadi baja," kata Wu. Peneliti juga menjelaskan, penemuan teknologi robo-muscle ini diharapkan bisa digunakan untuk pemanfaatan perangkat elektronik berkekuatan besar yang lebih hemat energi.



Sumber : Asalasah.blogspot.com

0 Komentar:

Post a Comment

Bingung bagaimana cara memberi komentar?? buka link ini : CARA MENGIRIM KOMENTAR DI BLOG UNTUK PEMULA

Sedikit kata-kata dari anda sangat berpengaruh bagi blog ini :)