(Wajib Baca!) Hati-Hati Penipuan mengatas namakan Blackberry Indonesia dan PT.TAM

Kemarin sore ada yang aneh di rumahku, tidak seperti biasanya kali ini begitu pulang kerja sudah ada beberapa tetangga yang semuanya ibu-ibu lagi berkumpul dirumahku, tentu saja ditemani sama istri tercinta. Ternyata mereka semua itu sengaja menunggu kedatanganku. Ada apa gerangan? Aku perhatiin sekilas dibeberapa wajah ibu-ibu itu ada sedikit terpancar ketegangan. Akupun sedikit ikut deg-degan.

Setelah aku ikut ngumpul, barulah diceritakan kenapa semua ibu-ibu ini menunggu kedatanganku. Ibu Sri atau lebih tepatnya mbak Sri, karena walaupun ibu-ibu tetapi masih muda, dia yang sebelum lebaran dibelikan suaminya Blackberry baru, bercerita bahwa kemarin siang dia mendapat pesan langsung dari Blackberry Indonesia yang mengabarkan bahwa dia sebagai pemilik BB itu mendapat hadiah Grand Prize Honda Jazz.

Menurut mbak Sri, yang bikin sedikit berharap dengan pesan itu adalah, pesan itu bukan berupa SMS dan bukan pula pesan BBM atau Broadcast BBM. Tapi berupa pesan langung yang masuk ke BB nya dan pengirimnya pun langsung dari BlackBerry Indonesia, serta isi pesan itu dilengkapi dengan semua perijinan dari pihak-pihak terkait.
Dengan itu semua Mbak Sri berharap bahwa dia benar-benar mendapat hadiah mobil itu. Tetapi dia ada sedikit keraguan, makanya dia minta pendapat ke istri dan tetangga lainnya, dan karena masih ragu-ragu juga merekapun memutuskan untuk meminta pendapatku, sehingga merekapun rela menungguku sampai pulang kerja.


Singkat kata singkat cerita, inilah pesan yang diterima Mbak Sri di BB nya, termasuk panjang juga pesannya :
From: BlackBerry Indonesia
To: *A348***
Subject: PT.TELETAMA ARTHA MANDIRI
Sent: Aug 22, 2013 12:32
BlackBerry world Indonesia
Memberi Selamat Kepada Pemilik
PIN BlackBerry Anda yang Beruntung Memenangkan Hadiah GRAND PRIZE:
SAPARI RAMADAN
( 1 Unit Mobil Honda jazz RS )
———————————————-
Dalam Rangka Program Undian
PROMO GRAND PRIZE RIM
Blackberry Indonesia 2013.
No ID Pemenang : ( DS2727 )
Program Promo Undian Resmi dengan Surat Pengesahan dan Legalisir oleh:
________________________________________
NOTARIS :
No.Lampiran: Und.01Rkp 39.IIV-5 Sah
2013
POLDA METRO JAYA :
No. Izin 117/017-Pol.005/512-2013
PEMKOT DKI Jakarta :
No.S.Izin.Dki/1081/IV/Rkpd-PR2013
DEPSOS RI :
No.217-01-IV-Und/Depsos RI-2013
Dirjen Pajak Ri :
No.pjk-npwp5720/01und-Rkp/399-IX.
2013
________________________________________
Syarat & Ketentuan penerimaan Hadiah.
Pihak pemenang wajib melapokan
no id pemenang
Pemenang yang beruntung melaporkan identitas biodata lengkap KTP/SIM guna kepentingan pengurusan STNK/BPKB
dan pengesahan bukti pemenang.
Batas klaim dan pelaporan pemenang
adalah 2 (dua) hari sejak pesan pemberitahuan diterima
Khusus pemenang Kendaraan Roda empat (mobil) ,hadiah akan di antarkan langsung ke alamat pemenang setelah melengkapi prosedur dan pengurusan adminitrasi sudah di selesaikan.
________________________________________
Di mana Pajak. hadiah 25% dari harga kendaraan. telah di tanggung sepenuh nya oleh Perusahaan Rim BlackBerry Indonesia
Hadiah di Antarkan ke alamat Pemenang yang beruntung, setelah pelaporan data lengkap dari Pemenang yg akan di sah kan oleh Instansi Pemerintah yang terkait dalam Program Promo ini.
——Selanjutnya—–
Pemenang wajib menyelesaikan Biaya Jaminan Mutasi Balik Nama STNK/BPKB Kendaraan dari nama Perusahaan ke atas nama Pemenang Sebesar Rp.2.750.000
dan melaporkan No Validasi Daerah dari Kota Pemenang (biaya tersebut hanya berupa JAMINAN yang bersifat SEMENTARA guna kepentingan pengurusan surat kendaraan STNK/BPKB Kendaraan Anda)
ke Pihak Samsat
Polda Metro Jaya Jakarta.
Kepada pemenang yang mendapatkan hadiah kendaraan roda empat dan roda dua yang berada di luar wilayah kota jakarta, hadiah dapat kami antar langsung ke alamat pemenang setelah menyelesaikan persyaratan, sbb:
1. Fotocopy KTP/SIM 2 lembar
2. Pass Foto 4×6 3 lembar
3. Materai 6000 1 lembar
4. fotokopy kartu keluarga 1 lembar
———————————–
Untuk proses pengurusan hadiah silahkan menghubungi langsung RIM Blackberry Indonesia
Silahkan menghubungi
KEPALA BAGIAN HUMAS PT. TELETAMA ARTHA MANDIRI INDONESIA
Drs. H. IBRAHIM
Office Hunting : +6285231154555 (tidak melayani SMS)
Klik website Resmi pemenang Undian:
www.undian-promo-tam.blogspot.com
Alamat : Jln HR Rasuna Sahid Kav 1Blok E2
No. 102-105 lt 3. Gedung Menara Kuningan
Jakarta Selatan Indonesia.
Keputusan hasil pemenang undian dan ketentuan penerimaan hadiah pemenang, Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat sesuai dgn surat pengesahan yang telah di Legalisir oleh Instansi Pemerintah yang terkait.
TERIMA KASIH
 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Setelah saya baca berulang-ulang pesan tersebut diatas, secara tegaspun saya katakan ke Mbak Sri dan Ibu-ibu yang ada bahwa itu adalah pesan palsu dan merupakan bentuk penipuan seperti penipuan-penipuan yang ada sebelumnya. Tetapi kelihatannya mbak Sri masih terlalu berharap mendapatkan hadiah itu, dia dengan lugunya masih ‘ngeyel’ saja dengan argumentasi seadanya.
Akhirnya dengan segenap kemampuanku aku berusaha meyakinkan Mbak Sri dengan memberi catatan kejanggalan-kejanggalan yang ada di pesan itu dengan harapan mbak Sri mempercayai bahwa itu adalah penipuan.

1. Di pesan itu tidak sekalipun menyebutkan atau menulis no PIN BB mbak Sri, ini menandakan pesan ini dikirim secara acak kebanyak BB, sehingga mereka tidak mau repot menulis di setiap pesan yang dikirim No PIN penerimanya.

2. Sekelas perusahaaan Blackberry bisa salah dalam penulisan kata SAFARI dengan SAPARI. Kemungkinan penipunya ini orang Jawa Barat hehehe

3. Dilampirannya mengenai izin dari instansi yang terkait kelihatan sekali nomor-nomor suratnya dibuat asal-asalan. Setahu saya kebiasaan nomor surat itu huruf romawi adalah menunjukkan bulan kapan surat itu dikeluarkan. Ada surat dengan huruf romawi IIV entah apa maksudnya. Jelas sekali semua itu surat abal-abal yang asal catut nama instansi.

4. Dipesan itu juga rancu siapa pemberi hadiah sebenarnya, Blackberry Indonesia atau PT. Teletama Artha Mandiri (TAM). Karena setahuku keduanya adalah perusahaan yang berbeda.

5. Nomor telepon kantor PT. TAM menggunakan no HP. Penipunya amatiran. Yang lebih pinter biasanya pake nomor fleksi yang ada no areanya jakarta 021. Dan ini modus lama, sebagai kontak personnya selalu orang dengan gelar Haji. Coba perhatiin penipuan model ginian selalu saja kontak personnya bergelar Haji.

6. Biar lebih meyakinkan mereka melampirkan alamat website. Tetapi tentu saja itu juga situs abal-abal dengan memakai website gratisan.
Dengan sedikit pengetahuanku ini aku jelaskan semua ke mbak Sri dengan harapan dia sadar akan menjadi korban penipuan berikutnya. Tetapi kelihatan sekali dengan penjelasanku ini mbak Sri bukannya senang tetapi dia malah kecewa, karena sebelumnya dia memang berharap mendapat hadiah itu. Dan selebihnya aku sarankan agar pesan  itu segera saja dihapus agar tidak menjadi pikiran. Tetapi saya tidak yakin apakah saran saya itu diiperhatikan, malahan saya curiga kemungkinan mbak Sri masih mencari orang lain untuk dimintai pendapat yang menguatkan pendapat dia bahwa itu bukan masalah penipuan.
Semoga saja mbak Sri segera menyadari agar tidak menjadi korban berikutnya.




Sumber :  http://teknologi.kompasiana.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Bingung bagaimana cara memberi komentar?? buka link ini : CARA MENGIRIM KOMENTAR DI BLOG UNTUK PEMULA

Sedikit kata-kata dari anda sangat berpengaruh bagi blog ini :)